Paskibraka Tingkat Kota Prabumulih Mulai Di Seleksi

pelitapublik.comPRABUMULIH  peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-72 masih menyisahkan waktu sekitar enam bulan lagi, namun pada akhir Maret mendatang Purna Paskiraba Indonesia (PPI) Prabumulih bakal mulai melakukan penjaringan calon paskibra tingkat kota.

Ketua PPI Okviandoni mengungkapkan, seleksi tersebut direncanakan pada 22-23 Maret mendatang. Peserta merupakan perwakilan sekolah sebanyak lima orang dari SMA/SMK/MA.

“Untuk tingkat kota dibutuhkan sekitar 32 calon paskibraka, sementara untuk provinsi 6 calon paskibraka. Syaratnya duduk di Kelas X dan XI dan memiliki tinggi 160 CM untuk putri serta 170 CM untuk putra, sementara untuk XII tidak diperkenankan karena akan mengikuti Ujian Nasional (UN) menyelesaikan pendidikannya,” ujar Doni sapaan akrabnya ketika dikonfirmasi koran ini, kemarin (5/3).

Dia menyebutkan, rencananya pelatihan calon paskibraka ini sendiri akan dilakukan pada Juli mendatang. Para calon paskibraka tersebut, akan digembleng oleh pihaknya setiap hari untuk meningkatkan kemampuannya hingga siap melaksanakan tugasnya hingga hari H pada 17 Agustus mendatang. “Sudah lolos seleksi, para calon paskibraka ini akan digembleng selama satu bulan. Untuk mempersiapkan pengibaran bendera pada HUT RI tersebut,” tandasnya.

Dia menambahkan, belum lama ini pihaknya juga telah mengelar latihan gabungan (latgab) untuk paskibraka tingkat SMA/SMK/MA untuk menyamakan persepsi Peraturan Baris Berbaris (PBB).

“Latgab sengaja diakan untuk menambah pengetahuan dan wawasan bagi anggota paskibra yang ada di setiap sekolah di kota ini,” ujarnya sambil menerangkan, kalau latgab diikuti sekitar 500 pelajar dari 20 sekolah yang ada di Kota Nanas ini.

Selain itu, Doni sapaan akrabnya kalau latgab tersebut sekaligus ajang silaturahmi antar anggota paskibra di Bumi Seinggok Sepembuyian ini. “Latgab ini juga sebagai ajang sharing antar anggota paskibra di Prabumulih ini,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua Bidang Organisasi, Hakim Kasogi SH menambahkan, kalau pada latgab tersebut pihaknya memberikan sejumlah materi untuk menambah wawasan dan pengetahuan peserta.

“Selain materi PBB, kita juga memberikan simulasi PBB. Supaya para pelajar yang menjadi anggota PBB, benar-benar paham dan mengerti,” tandasnya.

Hakim menjelaskan, kalau pada Maret ini pihaknya akan mulai melakukan seleksi paskibra 2017. Ke depan, pihaknya berharap kegiatan ini diikuti lebih banyak lagi oleh perwakilan sekolah di kota satlit ini.

“Semoga latgab yang diberikan bisa memberikan manfaat, dan bekal anggota paskibraka dalam melaksanakan tugasnya,” pungkasnya.(mj)­

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: