Menteri PUPR Beli Karet Untuk Aspal Jalan

pelitapublik.comPALEMBANG Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) siap membeli karet dari petani untuk digunakan sebagai bahan campuran aspal karet. Penggunaan aspal karet ini ditingkatkan untuk preservasi jalan nasional.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah menginstruksikan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono agar membeli karet dari rakyat, yang sekarang harganya jatuh di kisaran Rp6.000 per kg.

“Saat ini jumlah yang akan diserap dan harganya masih dihitung oleh Ditjen Bina Marga,” kata Basuki dikutip dari Instagram @kemenpupr.

Tahun 2018-2019, penggunaan aspal karet dilakukan untuk kontrak penanganan jalan long segmen pada ruas jalan Muara Beliti-Tebing Tinggi-Lahat sepanjang 125 km dengan panjang efektif 5,3 km yang menggunakan aspal karet dengan ketebalan 4 cm.

Penggunaan aspal karet untuk pengaspalan jalanan sudah dilakukan Kementerian PUPR di beberapa lokasi termasuk di Provinsi Sumsel. Penggunaan aspal karet juga sudah dicoba pada pelapisan ulang jalanan di Lido, Sukabumi, Jawa Barat dengan kandungan karet alam sebesar 7%.

Kelebihan campuran aspal karet alam yakni meningkatkan kualitas pengerasan aspal dalam hal usia layanan dan ketahanan terhadap alur.(mj)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: